DESEMBER 2019

Pelatihan Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA  bagi Warga SMP Yuwati Bhakti

         

     Penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat-zat Adiktif) biasanya dilakukan oleh individu yang memiliki kepribadian rentan atau memiliki resiko tinggi dan jika dilakukan dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan gangguan bio-psikososial-spiritual. Indikator itulah yang ditangkap Ikatan Alumni Yuwati Bahkti (IKA YB) bekerja sama dengan SMP Yuwati Bhakti untuk melindungi peserta didik dari bahaya penyalahgunaan NAPZA. Mereka mengundang seorang ahli di bidangnya untuk memberi pelatihan tentang pencegahan penyalahgunaan NAPZA di Aula Kampus Yuwati Bhakti.

     Kegiatan pelatihan ini diadakan selama 4 hari berturut-turut, yaitu 11 – 14  Desember 2019 mulai dari kelas VII, VIII, IX, dan hari terakhir diikuti oleh para guru serta orangtua peserta didik. Meskipun waktunya sangat panjang hingga 7 jam, mereka mendengarkan pembicara dan mengikuti semua proses dengan penuh semangat. Kak Patrician, sebagai pembicara tidak memberikan teori yang melelahkan, namun mengajak peserta berproses menemukan diri sendiri dan teman baik bagi tiap pribadi, yang mampu membawa mereka ke hal-hal positif. Melalui proses itu, mereka memahami pengertian NAPZA, jenis-jenisnya, akibat penyalahgunaannya, hingga cara menghindari penyalahgunaannya.

     Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi warga Kampus Yuwati Bhakti, khususnya peserta didik SMP yang sedang dalam masa pencarian identitas diri dan mencari teman seperjalanan. Proses yang dilalui selama 1 hari ini merupakan bekal berharga bagi langkah selanjutnya dalam masa perkembangan hidupnya saat ini. Semoga kerja sama dengan IKA YB dan pihak lain yang peduli pendidikan Yuwati Bhakti dapat dilanjutkan dalam kegiatan-kegiatan lain di tahun mendatang. Salam serviam.

Agnes Tri Maryunani

Humas Kampus Yuwati Bhakti