OKTOBER 2020

Habitus Membaca di Kampus Yuwati Bhakti

     

Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi memacu peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif,  dan inovatif salah satunya dengan kegiatan membaca, baik di sekolah (sebelum pandemi) maupun di rumah bekerja sama dengan orangtua. Membaca dan menyimak merupakan pintu masuk menuju keterampilan berbahasa  produktif, yaitu menulis dan berbicara. Keempat keterampilan itu harus dikuasai peserta didik sebagai salah satu sarana membentuk pemimpin masa depan berpola pikir sains.

TB-TK Sukapirena berupaya membangun habitus membaca sejak dini. Selain di perpustakaan, di tiap kelas disediakan berbagai buku cerita anak-anak. Peserta didik dapat  membaca buku setelah selesai belajar, saat istirahat atau sebelum dijemput orangtua. Habitus membaca juga dikolaborasikan dalam proses pembelajaran, dengan cara membacakan cerita atau dongeng kepada peserta didik. Karena saat ini sedang berlangsung pembelajaran online, pendidik menyarankan orangtua tetap melanjutkan pembiasaan yang telah dilakukan di sekolah dengan membacakan cerita di rumah setelah proses pembelajaran usai atau sebelum tidur.

Agar pembiasaan membaca tidak terputus, SD dan SMP Yuwati Bhakti menjadwalkan kegiatan membaca seminggu sekali di perpustakaan selama 1 jam pelajaran (sebelum pandemi). Pada jam itu, peserta didik melakukan kegiatan membaca, menulis, menggambar, diskusi, atau menceritakan kembali isi buku. Selama masa pandemi, pendidik mengingatkan peserta didik untuk tetap memperoleh dan mengolah informasi melalui buku maupun media lain. Untuk mendukung hal itu, perpustakaan  melayani peminjaman buku dengan  menerapkan protokol kesehatan. Habitus membaca pun dibangun melalui proses pembelajaran yang berlangsung, baik dalam meeting class atau tugas mandiri. Meskipun belum semua peserta didik menyadari dan merasakan kebutuhan informasi melalui membaca, mereka mulai  membuka hati untuk mencintai buku dan merasakan asyiknya membaca buku.

Pada peringatan bulan bahasa 2020 ini, ketika peserta didik belajar dari rumah (BDR) habitus membaca tetap dilakukan di rumah. Orangtua peserta didik TB-TK Sukapirena membacakan cerita kepada putra-putri mereka sedangkan para pendidik mendongengkan satu cerita secara virtual. Peserta didik SD dan SMP diberi tugas membaca buku dan mempresentasikan isi buku selama lebih kurang 1 menit dalam bentuk video dan dikirimkan kepada wali kelas untuk dipublikasikan lewat media sosial. Sebagai persembahan kasih dan apresiasi hasil karya peserta didik, seluruh pendidik SD berpantun secara kolaboratif, sedangkan pendidik SMP membacakan cerita pendek hasil karya salah satu peserta didik SMP Yuwati Bhakti secara virtual .

Semoga semua kegiatan yang dilakukan pendidik dan peserta didik Kampus Yuwati Bhakti, khususnya pada peringatan bulan Bahasa dan Sastra Indonesia 2020 ini mampu meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa, negara, bahasa dan sastra Indonesia serta keterampilan berbahasa dan bersastra seluruh warga Kampus Yuwati Bhakti. 

                                                                    Agnes Tri Maryunani - Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi