NOVEMBER 2020

Drive Thru Class TB-TK Sukapirena

   

Pandemi belum berakhir, peserta didik masih belajar dari rumah (BDR) hingga saat ini. TB-TK Sukapirena Sukabumi berupaya mencari inovasi baru dalam melaksanakan proses pembelajaran agar peserta didik tetap senang dan bersemangat belajar. Setelah melalui berbagai pertimbangan, drive thru class menjadi pilihan TB-TK Sukapirena untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Senin-Jumat, 9-13 November 2020, drive thru class dilaksanakan di depan Kampus Yuwati Bhakti dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan gembira peserta didik bernyanyi, mendengarkan arahan pendidik, dan mengerjakan tugas. Tema yang diangkat pada  drive thru class kali ini adalah tanaman.

Hari pertama adalah giliran kelompok Taman Bermain (TB), dimulai pukul 09.00. Subtema yang diajarkan adalah buah-buahan. Setiap Peserta didik membawa 1 buah mangga, sedangkan pendidik menyediakan beberapa buah mangga dengan warna yang berbeda. Peserta didik diharapkan memahami bahwa buah mangga memiliki banyak jenis dengan warna dan rasa yang berbeda. Di akhir pembelajaran, peserta didik  membuat kolase buah mangga dengan kertas krep dan dipajang di papan kerja supaya semua peserta didik dapat melihat karya mereka.

Drive thru class hari kedua dengan peserta didik  kelompok TK A dilaksanakan pada pukul 08.00 – 09.00. Sebagian peserta didik belajar di dalam mobil, sebagian lagi duduk di kursi yang telah disiapkan. Subtema pada hari kedua adalah tanaman sayur, secara spesifik sayur brokoli. Dengan berkeliling, pendidik membagikan sayur brokoli yang sudah disiapkan agar peserta didik dapat mengamati secara langsung apa dan bagaimana sayur brokoli itu. Peserta didik juga diberi tugas mewarnai gambar sayur untuk melatih keterampilan motorik didampingi orangtua.

Drive thru class hari ketiga dan keempat dilaksanakan oleh pendidik kelompok TK B1 dan B2. Pembelajaran dimulai pada pukul 08.00 dengan subtema tanaman obat, secara khusus daun sirih. Peserta didik mempelajari tanaman daun sirih mulai dari mengamati daun hingga menemukan manfaat dan cara menggunakan. Pada akhir pelajaran, peserta didik membuat mahkota yang terbuat dari kertas berbentuk daun sirih didampingi orang tua masing-masing. Selain menyanyi, mengamati, dan membuat kerajinan tangan, proses pembelajaran di TB-TK Sukapirena memadukan berbagai pengetahuan dan keterampilan dasar seperti mengenal warna, huruf, angka, bahasa, berhitung, dan berbicara agar peserta didik lebih cepat memahami konsep yang diajarkan.

Sebelum pulang, peserta didik diberi kesempatan menceritakan perasaan mereka selama  drive thru class. Dengan semangat mereka pun bercerita dengan lantang bahwa mereka sangat senang mengikuti pembelajaran ini. Mereka dapat berkomunikasi dengan para pendidik dan teman-teman sehingga dapat mengobati kerinduan mereka untuk dapat kembali ke sekolah. Semoga inovasi pembelajaran yang dilakukan  TB-TK Sukapirena ini mampu meningkatkan efektivitas dan semangat belajar serta kerinduan mereka pada suasana belajar di sekolah, secara khusus selama masa pandemi. Salam sehat, salam serviam, tetap semangat belajar dan berkarya.

 

Agnes Tri Maryunani – Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi