APRIL 2021

MEI 2021

Kartini Masa Kini Berjuang Menggapai Cita

Perjuangan dan cita-cita Raden Ajeng Kartini sungguh nyata mampu mengangkat derajat kaum perempuan. Hingga kini, perempuan-perempuan Indonesia banyak yang sukses dan menduduki tempat-tempat penting di pemerintahan maupun organisasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan.

TB-TK Sukapirena yang merupakan salah satu karya pendidikan para suster Ursulin secara rutin memperingati hari Kartini dengan berbagai acara dan kegiatan. Pada tahun 2021 ini, di saat pandemi masih meraja pun, kartini-kartini kecil dari TK Sukapirena tetap bersemangat tampil memukau dalam balutan kebaya mengikuti berbagai lomba diantaranya fashion show, menari tarian daerah, dan membaca puisi. Semoga perjuangan kartini-kartini kecil ini mampu membawa mereka meraih cita-cita luhur demi kemajuan bangsa dan negara, seperti yang diperjuangkan Raden ajeng Kartini dan bersemangat serviam yang diteladankan oleh Santa Angela Merici.

Kampus Yuwati Bhakti

Jalan Suryakencana no. 39 Sukabumi

“Have Fun Kids” TB-TK Sukapirena

TB-TK Sukapirena mengundang anak-anak usia dini dan orangtua yang ingin mengenal lebih dekat dengan TB-TK Sukapirena yang dikemas dalam kegiatan Have Fun Kids dengan menerapkan protokol kesehatan 3M. Pada bulan Mei 2021, TB-TK Sukapirena mengadakan kegiatan tersebut sebanyak dua kali yaitu Selasa, 4 Mei 2021 di halaman depan Kampus Yuwati  Bhakti dan Kamis, 6 Mei 2021 di Aula TB-TK Sukapirena. 

Sr. Kristin Dhewa, OSU selaku Kepala TB-TK Sukapirena menyambut ramah para peserta yang hadir. Meskipun mereka tetap di dalam mobil, Sr. Kristin, OSU dengan gembira dan penuh semangat menghampiri, menyapa, dan berbincang dengan anak-anak. Para pendidik pun dengan ceria mengajak anak-anak  untuk bernyanyi, bermain, mengenal angka, huruf, dengan berbagai jenis buah sebagai alat peraga. Anak-anak juga diberi kesempatan berbicara dan bernyanyi untuk mengekspresikan kemampuan dan bakat mereka. Ada yang dengan semangat berbicara, bernyanyi sambil menari dan bergoyang, ada juga yang masih malu-malu. Semuanya diberi apresiasi atas keikutsertaan mereka dalam acara “Have Fun Kids” tersebut.

Pada hari kedua, anak-anak disuguhi panggung boneka yang menceritakan tentang  anak-anak yang sedang mengenal sekolah. Mereka nampak antusias dan gembira menyaksikan panggung boneka yang merupakan salah satu kegiatan unggulan di TB-TK Sukapirena. Dengan menyaksikan panggung boneka, anak-anak akan mengenal lebih konkrit materi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk cerita.  Ketika anak-anak telah menyelesaikan kegiatan, para pendidik memberikan reward sederhana berupa cap bintang di kertas kerja, gambar, dan goody bag buatan para pendidik TB-TK Sukapirena. Apresiasi sederhana tersebut ternyata menyemangati, memotivasi, dan menambah kepercayaan diri anak-anak yang sedang tumbuh di masa golden age ini.

Kegiatan “Have Fun Kids” ini diharapkan dapat menjadi ajang perkenalan bagi anak-anak prasekolah dengan lingkungan sekolah, khususnya TB-TK Sukapirena Yuwati Bhakti. Dengan mengenal lingkungan sekolah, anak-anak yang biasanya hanya mengenal lingkungan keluarga memperoleh wawasan dan pengalaman baru di lingkungan sekolah. Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi semakin mengenal  Kampus Yuwati Bhakti, Khususnya TB-TK Sukapirena. Serviam di hati, semangat mengabdi.

   Agnes Tri Maryunani – Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi

        Dibantu oleh Orsa dan Kayla (Kelas IX)

NOVEMBER 2020

Drive Thru Class TB-TK Sukapirena

   

Pandemi belum berakhir, peserta didik masih belajar dari rumah (BDR) hingga saat ini. TB-TK Sukapirena Sukabumi berupaya mencari inovasi baru dalam melaksanakan proses pembelajaran agar peserta didik tetap senang dan bersemangat belajar. Setelah melalui berbagai pertimbangan, drive thru class menjadi pilihan TB-TK Sukapirena untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Senin-Jumat, 9-13 November 2020, drive thru class dilaksanakan di depan Kampus Yuwati Bhakti dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan gembira peserta didik bernyanyi, mendengarkan arahan pendidik, dan mengerjakan tugas. Tema yang diangkat pada  drive thru class kali ini adalah tanaman.

Hari pertama adalah giliran kelompok Taman Bermain (TB), dimulai pukul 09.00. Subtema yang diajarkan adalah buah-buahan. Setiap Peserta didik membawa 1 buah mangga, sedangkan pendidik menyediakan beberapa buah mangga dengan warna yang berbeda. Peserta didik diharapkan memahami bahwa buah mangga memiliki banyak jenis dengan warna dan rasa yang berbeda. Di akhir pembelajaran, peserta didik  membuat kolase buah mangga dengan kertas krep dan dipajang di papan kerja supaya semua peserta didik dapat melihat karya mereka.

Drive thru class hari kedua dengan peserta didik  kelompok TK A dilaksanakan pada pukul 08.00 – 09.00. Sebagian peserta didik belajar di dalam mobil, sebagian lagi duduk di kursi yang telah disiapkan. Subtema pada hari kedua adalah tanaman sayur, secara spesifik sayur brokoli. Dengan berkeliling, pendidik membagikan sayur brokoli yang sudah disiapkan agar peserta didik dapat mengamati secara langsung apa dan bagaimana sayur brokoli itu. Peserta didik juga diberi tugas mewarnai gambar sayur untuk melatih keterampilan motorik didampingi orangtua.

Drive thru class hari ketiga dan keempat dilaksanakan oleh pendidik kelompok TK B1 dan B2. Pembelajaran dimulai pada pukul 08.00 dengan subtema tanaman obat, secara khusus daun sirih. Peserta didik mempelajari tanaman daun sirih mulai dari mengamati daun hingga menemukan manfaat dan cara menggunakan. Pada akhir pelajaran, peserta didik membuat mahkota yang terbuat dari kertas berbentuk daun sirih didampingi orang tua masing-masing. Selain menyanyi, mengamati, dan membuat kerajinan tangan, proses pembelajaran di TB-TK Sukapirena memadukan berbagai pengetahuan dan keterampilan dasar seperti mengenal warna, huruf, angka, bahasa, berhitung, dan berbicara agar peserta didik lebih cepat memahami konsep yang diajarkan.

Sebelum pulang, peserta didik diberi kesempatan menceritakan perasaan mereka selama  drive thru class. Dengan semangat mereka pun bercerita dengan lantang bahwa mereka sangat senang mengikuti pembelajaran ini. Mereka dapat berkomunikasi dengan para pendidik dan teman-teman sehingga dapat mengobati kerinduan mereka untuk dapat kembali ke sekolah. Semoga inovasi pembelajaran yang dilakukan  TB-TK Sukapirena ini mampu meningkatkan efektivitas dan semangat belajar serta kerinduan mereka pada suasana belajar di sekolah, secara khusus selama masa pandemi. Salam sehat, salam serviam, tetap semangat belajar dan berkarya.

 

Agnes Tri Maryunani – Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi