Terus Berbuah demi Eksistensi dan Keberlanjutannya

95 Tahun Biara Ursulin, TK Sukapirena, dan SD Yuwati Bhakti Sukabumi

 

            Jumat, 18 Juni 2021, Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi merayakan Ekaristi 95 tahun berdirinya Biara Ursulin, TB-TK Sukapirena, SD Yuwati Bhakti, tutup tahun pelajaran 2020-2021, purna bhakti Ibu Florentina Mardiyani serta bersyukur atas karya dan pelayanan 5 Suster Ursulin di Sukabumi, yaitu Sr. Elisbeth Sri Utami, OSU, Sr. Pauline Gani, OSU, Sr. Krintin Dhewa, OSU, Sr. Ignasia Charitas Yeni Thoma, OSU, dan Sr. Tatik Ernawati, OSU di Gereja Santo Joseph Sukabumi. Perayaan Ekaristi yang diselenggarakan secara offline dan online ini dipimpin oleh RD. Tarcisius Puryatno  dengan mengangkat tema “Terus Berbuah demi Eksistensi dan Keberlanjutannya”.  Tema ini diangkat dengan harapan agar semua warga Kampus Yuwati Bhakti terus berbuah di mana pun berada, apa pun situasinya dengan selalu  menggantungkan harapan satu-satunya pada Yesus Kristus sebagai pokok anggur yang benar.

            Dalam homilinya, Romo Pur mencontohkan pohon apel dan pohon anggur sebagai pohon buah yang tidak mengenal musim. Bila ranting-rantingnya selalu dibersihkan, ia akan tetap berbuah sepanjang masa. Pohon apel dan anggur itu dapat menjadi cermin kehidupan. Kita diharapkan dapat menghasilkan buah sepanjang masa seperti yang tersirat dalam tema yang diangkat dalam perayaan ini. Sebagai umat manusia, kita perlu membersihkan diri terus menerus, baik fisik, pikiran, hati, dan kehendak yang kadang-kadang muncul dalam hidup kita. Dengan kerelaan membersihkan diri, kita dapat menghasilkan buah-buah sukacita, kegembiraan, dan wawasan baru dalam dunia pendidikan yang dapat dinikmati oleh orang-orang di sekitar. Teladan utama kita adalah Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, dan mati demi umat manusia. Sudah selayaknyalah sebagai pengikutnya, kita pun rela mempersatukan hidup kita dalam Kristus sebagai pokok anggur yang benar dan rela membersihkan diri dengan rendah hati, terjun membantu masyarakat, terutama dalam masa pandemi ini. Itulah buah-buah baik yang dapat dinikmati oleh banyak orang di sekitar kita.

            Usai Perayaan Ekaristi, semua orang yang hadir, baik para pegawai, wakil orangtua, wakil peserta didik, P3YB, dan pensiunan diundang untuk mengikuti ramah-tamah sederhana di aula Kampus Yuwati Bhakti. Dalam acara tersebut, para suster yang mendapatkan perutusan baru, yang diwakili oleh Sr. Elisabeth Sri Utami, OSU mengucapkan terima kasih dan rasa syukur atas kesempatan berkarya di Komunitas Sukabumi. Sebaliknya, kami yang ditinggalkan pun bersyukur atas kehadiran para suster yang dengan penuh sukacita berkarya di Komunitas dan Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi. Kegembiraan itu dituangkan dan dipersatukan dalam rasa syukur atas 95 tahun berdirinya Biara, TB-TK Sukapirena, dan SD Yuwati Bhakti dengan pemotongan tumpeng oleh Sr. Elisabeth Sri Utami, OSU dan diberikan kepada Sr. Catharina Siti Margiyati, OSU yang akan menggantikannya sebagai ketua III Kampus Yuwati Bhakti. Ungkapan syukur dari para pegawai diwujudkan dalam lantunan puisi, lagu, dan tarian yang dipersembahkan bagi para suster yang datang maupun yang akan pergi, juga untuk Ibu Florentina Mardiyani yang memasuki masa pensiun. Semoga rasa syukur ini memberi motivasi bagi langkah kami selanjutnya, baik bagi kami yang masih berjuang di Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi maupun bagi Ibu Yani dan para suster di tempat yang baru. Salam sehat, semangat serviam.

Agnes Tri Maryunani – Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi